Komunitas Ruyung (di) Solo

Bisa dibilang, postingan kali ini adalah ajang narsis kami (terlebih saya pribadi). Namun bagaimana lagi, narsis ini adalah wujud pertanggungjawaban saya sebagai pihak yang paling bertanggung jawab untuk memublikasikan kegiatan ini. Oleh karena itu, mohon dimaklumi.

Alhamdulillah akhirnya apa yang saya harapkan bisa terealisasi. Sejak dulu saya sangat memimpikan adanya sebuah komunitas yang bisa mengumpulkan para pecinta nunchaku aka ruyung di regional Solo.

Ups… sebelum saya lanjutkan perlu diketahui sebenarnya sudah ada komunitas serupa di Karanganyar. Bahkan komunitas itu telah resmi berada di bawah payung INC (Indonesian Nunchaku Club) yang berpusat di Jakarta. Namun, karena adanya kendala jarak saya tak bisa bergabung dengan komunitas tersebut.

Dan pada akhirnya, bermula dari perbincangan intensif melalui wadah sosial maya yang dikenal dengan nama Kaskus maka terkumpullah beberapa orang yang seimpian dengan saya. Kami kemudian bersepakat untuk mengadakan latihan bersama sekaligus kopdar.

Kopdar pertama ketika itu diadakan pada hari Minggu tanggal 26 Desember 2010, bertempat di Alun-alun Utara Surakarta. Dihadiri oleh tiga orang yang salah satunya adalah saya sendiri. Ketika itu, kami membuat kesepakatan untuk pertemuan ke depan dipindah di Alun-alun Selatan karena beberapa alasan.

Kopdar kedua, Minggu 2 Januari 2011. Sesuai dengan kesepakatan, diadakan di Alun-alun Selatan pada pukul 08.00. Ternyata lebih ramai, dihadiri 6 orang nunchaker. Dari pertemuan itulah kami bersepakat untuk menetapkan 2 hal.

1. Menentukan jadwal latihan rutin

Tiap hari Minggu jam 08.00 pagi. Bertempat di Alun-alun Selatan Surakarta.

2. Mendaftarkan diri untuk bergabung dengan INC dan membentuk regional baru yang bernama INC Solo


Di luar dua kesepakatan itu ternyata ada hal yang menurut kami adalah bersifat kejutan. Ternyata, salah satu dari enam orang yang hadir pada pagi itu adalah ketua umum regional Solo Kaskus. Sang ketua hadir dengan membawa berita baik bahwa komunitas kami telah diakui sebagai subkomunitas regional Solo Kaskus yang berada di bawah payungnya. Tidak hanya itu, rencananya sebagai wujud perkenalan maka kami diminta untuk tampil memamerkan seni beladiri nunchaku di depan khalayak ketika peresmian kepengurusan itu yang rencananya akan diadakan pertengahan bulan ini.

Belum selesai saya menerima kejutan, tiba-tiba ada pemberitahuan dari INC pusat bahwa pengajuan kami untuk mendirikan INC Solo bisa disetujui dan akan diresmikan dalam waktu dekat. Hanya saja, ada beberapa syarat yang harus kami penuhi. Pertama, harus ada jadwal latihan rutin. Dan kedua, harus ada kaptennya sekaligus contact person-nya.

Syarat kedua itulah yang agak menyulitkan, karena selama ini kami tak pernah menunjuk koordinator alias kapten. Kemudian, saya pun segera memberitahukan kepada rekan tentang berita tersebut. Dan yang terjadi kemudian sekonyong-konyong jabatan itu disematkan kepada saya. Saya tak bisa berkelit, semua alasan sudah saya sampaikan agar saya tak dipilih. Tapi, semua alasan itu tak dihiraukan hingga akhirnya saya menerima saja. Karena, jika saya tetap tak menerima atas pengangkatan ini justru akan memperlama proses diresmikannya komunitas kami ini.

Singkat cerita, postingan ini adalah wujud pertanggungjawaban saya untuk selalu melaporkan perkembangan komunitas kami secara berkala. Maaf bila terkesan narsis.

saling berkenalan

saling berkenalan

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dalam kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada mas Dedy yang telah mendokumentasikan beberapa gambar latihan.

Comments
22 Responses to “Komunitas Ruyung (di) Solo”
  1. Hafid Junaidi berkata:

    wah selamat kalo gitu

  2. adhi inc berkata:

    wahahahahahaha…
    sekali kapten selamanya kapten….
    Siyap kapten….

  3. marsudiyanto berkata:

    Weh…
    Nyamari banget ruyunge… 😀

  4. nh18 berkata:

    Jujur …
    baru kali ini saya menjumpai adanya komunitas penggemar Double Stick ini …

    Salam saya Mas Andi

  5. wogh, namaku disebut…. >.<

  6. MeyBengkulen berkata:

    senang di solo sdh ada club ini, kpn2 mo maen ke alkid ma allor keraton solo liat2 latihannya gmn

    salam sy mas

    mhon do’a jg atas brita duka di http://kakmila.wordpress.com/2011/01/04/semangat-sembuh-untuk-sausan/

  7. nurrahman berkata:

    ternyata sampean keren juga pandai beladiri *halah* hehehe,…itu mainan mengingatkan jaman kecil..

  8. sakti berkata:

    saya gak pernah bisa pakai ruyung, malah senjata makan tuan… hihihi

  9. agan agan batok berkata:

    hehehe hati2 ndi ne jadi ketua, ntar bisa nyusul NH dihujat sak indo hehehe.. btw keep use your helmet in practicing, pecah sirah lhadalah….

  10. roy berkata:

    beli nunchakunya dimana kalo di solo???

  11. prawirodahono rakai garung pujonggo berkata:

    mohon untuk conyact personnya mas…saya berminat bergabung

  12. adhi inc berkata:

    mas Prawirodahono anda bisa main ke CFD tiap minggu di lokasi depan Solo grand mall…
    kita latihan rutin di situ…

  13. anugrah berkata:

    om kk klo di jakarta ada club nya gk
    bales ya ka plis…..

  14. agung berkata:

    mas bro boleh gk aku gabung

  15. sean berkata:

    mas dimana bisa beli double stick

  16. Arif Fajar (reporter Solopos) berkata:

    Mas saya tertarik untuk liputan komunitas ini, bisa minta no hp nya, atau sms ke hp saya 08164254803, trims

  17. mujib berkata:

    Ada contact person no hp/pin bb yang bisa di hubungi om,saya respect banget dg kegiatan ini,saya kepengen berkonsultasi
    Ini pin saya 30df0181

  18. partodikompo berkata:

    ini masih eksis gak ya? newbie mau gabung!
    pin saya 7695cfdf

  19. mas sahdi berkata:

    dimana ya bisa beli nunchaku di solo, ada ga light nunchku ..maksudnya yang bisa nyala ?

  20. Wisnu Prasetyo berkata:

    Mas klo mau gabung INC Solo gmna caranya?
    Dan latihannya dimana ya?

  21. Dari 2010 sampai 2014 saya tinggal di Solo, malah baru tahu ada komunitas seperti ini. Menarik sekali, hehehehe

Tinggalkan komentar