Bingkisan Ketiga Berbuah Kuis Perdana

Kemarin Jumat, tepatnya pada tanggal 9 April 2010 tiba-tiba datanglah sebuah bingkisan misterius. Sejenak, bingkisan berwarna cokelat itu kemudian saya perhatikan. Memang benar, bingkisan itu ditujukan kepada saya, karena dengan jelas tertera nama saya di muka. Namun, saya harus berpikir perihal siapa pengirimnya, karena ketika saya baca nama si pengirim tak juga tebersit gambaran wajah di memori.

Meski demikian, tak sampai berkerut dahi saya mengingatnya karena ketika saya baca alamat si pengirim, mulai tampak secercah petunjuk. Karawang, ya Karawang. Kota yang belum pernah saya kunjungi, tapi cukup familiar karena pernah disebut dalam sebuah puisi Indonesia yang sangat terkenal. Saya rasa Anda tahu puisi tersebut.

Bukankah seingat saya ada sebuah Padeblogan yang sangat terkenal di kota tersebut? Konon katanya padeblogan itu diampu oleh seorang begawan atau kyai.

Tiba-tiba saya tersadar dan terkesiap. Di depan kaca, sambil bersitatap dengan bayangan sendiri saya sedikit tersengal. Sambil menata napas, saya berkata kepada diri sendiri, “Oalah kyai, sekarang saya tahu siapa nama panjenengan. Ternyata nama pena panjenengan adalah akronim dari nama aslinya.”

Kemudian, segera saya buka bingkisan cokelat itu dengan hati-hati. Dan, sebuah buku berjudul Sampar karya Albert Camus berada di dalamnya.

***

Seminggu berselang sejak kejadian di atas. Setelah dihitung, ternyata bingkisan tersebut adalah yang ketiga yang pernah saya dapatkan. Tentunya tak lantas sampai di sini saja. Tampaknya perlu ada semacam acara tasyakuran atas limpahan rezeki ini. Dan KENTAKI yang menjadi hidangannya.

KENTAKI

Inilah kemudian yang menjadi alasan saya memberanikan diri untuk menggelar sebuah kuis sederhana yang bertajuk KENTAKI. Sebuah bukti bahwa masyarakat Indonesia telah pandai bermajas walaupun secara tak sadar.

Perlu Anda ketahui, penggunaan kata KENTAKI tergolong dalam majas perbandingan. Tepatnya adalah metonimia. Hal ini disebabkan, KENTAKI yang sebenarnya adalah sebuah merk makanan, telah mengacu pada produk ayam goreng tepung secara umum. Sebagai contoh lain adalah nama JARUM, LEFIS, dan sebagainya yang telah berubah menjadi nama penanda produk secara umum.

Berdasarkan uraian singkat di atas maka peserta yang paling tepat dan cepat dalam menjawab kuis ini adalah peserta yang menamakan dirinya nakjaDimande. Pemenang berhak mendapatkan satu bingkisan buku dari saya. Harap pemenang segera mengirim alamat (dan nama😉 ) lengkap melalui surel (email) yang ditujukan kepada bijak_sana_sini[at]yahoo[dot]com

Saya rasa demikian acara tasyakuran ini. Terima kasih atas kunjungan Anda. Untuk selanjutnya saya hendak mencari buku yang tepat untuk sang juara.🙂

Sumber gambar: http://bisnisukm.com/gurihnya-ayam-goreng-tepung.html

Comments
15 Responses to “Bingkisan Ketiga Berbuah Kuis Perdana”
  1. nakjaDimande mengatakan:

    [mimpi ngga siyh?]
    [ngga mau bangun ahh, jangan-jangan cuma mimpi..]

    _________
    masdeewee njawab:
    perlu saya cubit bun?

  2. nakjaDimande mengatakan:

    Mauuuu..😳
    tapi takut nanti tuan putri marah.

    makasi ya mas, nanti bundo kirim alamat.
    senangnyaaaa, Alhamdulillah

    __________
    masdeewee njawab:
    paling juga tuan putri ganti akan mencubit saya bun…😀

  3. vitri mengatakan:

    enaknya …

    _________
    masdeewee njawab:
    apanya vit?

  4. kyaine mengatakan:

    kyaine nggak menyembunyikan nama kok mas🙂
    di banyak postingan ada kesebut nama asli, bahkan ada khusus artikel ttg asal-usul akronim itu.
    yg aneh dr paket kemarin itu (ini di luar kebiasaan kyaine), membuka bungkus buku, menyampuli dan menorehkan tulisan jeleknya di halaman dpn buku. baru kali ini dilakukan utk mas andi.
    alamat kantor mas andi itu saya tau persis letaknya🙂

    _________
    masdeewee njawab:
    oalah, jadi saya yg ndak tahu aja ya pak gus? atau kurang tanggap.

    wuih terima kasih… sejak awal saya sudah mengira bahwa ini adalah bingkisan spesial. apalagi ketika membaca tulisan tangan pak gus di halaman depan (hampir salah tulis ya pak😉 ).

    wah terungkap sudah tempat kerja saya…

  5. sauskecap mengatakan:

    wah saya juga mau… bingkisannya boleh… kentakinya juga boleh…

    ________
    masdeewee njawab:
    yaaah… kalo bingkisan sudah ada yg punya mbak… kalo kentaki, saya yakin mbak ariyanti bisa bikin yg lebih lezat lagi deh.😉

  6. Aldy mengatakan:

    Si Wanita Misterius tersebut selalu terbang melebihi angin dan berjalan menggetarkan bumi.
    [lagi oot], nggak ngomentari postingan.

    ___________
    masdeewee njawab:
    hehehe… pak Aldy, siapa gerangan wanita misterius itu?

  7. sunarnosahlan mengatakan:

    selamat buat Bundo

  8. dafiDRiau mengatakan:

    Salam kenal mas,
    Beluom pake “readmore/baca selanjutnya” ya mas.
    Read more membuat tampilan blog kita jadi elegant

    _________
    masdeewee njawab:
    terima kasih atas masukannya mas, dan salam kenal.

  9. aldy mengatakan:

    Wanita Misterius ?
    Kan mau dikasi kado atuh…

    _________
    masdeewee njawab:
    hehehe… yaps… wah, ini the other web-nya pak Aldy ya?

  10. wibisono mengatakan:

    lihat ayam kentakinya jadi lapar.. mmmmm…

  11. bintangtimur mengatakan:

    Ada lomba ya?
    Telat nih bacanya…btw, kentaki yang di pic itu kayaknya enak deh😛

  12. Mamah Aline mengatakan:

    bingkisan mau, kentaki juga gak nolak… selamat buat Bundo ya…

  13. nurrahman18 mengatakan:

    jane meh njawab kui kang (haeah, alesan) hi hi hi

  14. nh18 mengatakan:

    Aaaarrrggghhh …
    Cuma kalah selangkah saya sama Bundo …

    Bundo Dentist yang satu itu memang lincah sangat …

    Om-om gaek ini sampai terengah-engah mengejarnya …

    Salam saya Mas Andi

  15. copiyan mengatakan:

    hmmmm….enak tuh kyakx…

Tinggalkan Balasan

