KENTAKI: Bukti Masyarakat Pandai Bermajas

Tentunya Anda pernah merasakan lapar ketika pulang dari kerja. Apalagi bagi Anda yang bekerja sedari pagi sampai sore. Hal ini pun pernah saya rasakan, bahkan lumayan sering sehingga berdampak pada mata yang suka jelalatan memperhatikan trotoar di pinggiran jalan sepanjang perjalanan. Namun, bukan cewek cantik yang menjadi sasarannya, melainkan pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai makanan ringan hingga berat.

Nah, pada suatu ketika, saya pun melakukannya (bukan sebuah pengakuan dosa lho). Sembari mengemudikan belalang tempur alias kuda besi berwarna hitam kesayangan, saya sesekali meleng memperhatikan trotoar mencari makanan enak yang bisa mengganjal perut saya. Mulai dari penjaja keripik singkong, martabak, aneka gorengan, dan sebagainya.

Namun, ada satu penjual yang membuat saya tergelitik dan mengundang rasa penasaran. Entah menjajakan apa, tapi yang jelas di gerobaknya hanya tertulis kata: KENTAKI.

Pada akhirnya, saya pun mencoba menghampirinya untuk menanyakan panganan apa yang dia jajakan. Namun, saya urung melakukannya karena begitu mendekatinya, saya langsung mengetahui jenis makanan itu. Makanan itu adalah ayam goreng tepung yang sering saya lihat di iklan-iklan TV akhir-akhir ini.

Dari sini kemudian saya bisa menarik sebuah simpulan bahwa ternyata masyarakat Indonesia telah pandai bermajas. Hal ini terbukti dari penggunaan nama KENTAKI oleh seorang penjual ayam goreng tepung di pinggiran jalan Solo.

Dalam kesempatan ini, saya ingin bertanya kepada Anda:

“Tergolong majas jenis apakah yang digunakan oleh pedagang tersebut? Dan apa nama majasnya? Jelaskan alasannya secara singkat!”

Satu orang yang berhasil menjawab dengan cepat dan tepat akan mendapatkan bingkisan satu buku dari saya. (Untuk sementara, judul buku belum saya tentukan).

NB: dengan nekad bulat saya memberanikan diri untuk membuat kuis ini. Perlu diketahui, ini adalah kuis perdana bikinan saya, tanpa intervensi dari pihak manapun.😉

Comments
16 Responses to “KENTAKI: Bukti Masyarakat Pandai Bermajas”
  1. nakjaDimande mengatakan:

    Bismillah
    tergolong jenis majas perbandingan
    namanya Metonomia

    Kentaki digunakan sebagai kata untuk menggantikan jenis makanan ayam goreng tepung, jadi bila mendengar kata Kentaki maka kita akan langsung berasosiasi pada ayam goreng tepung tersebut.

    mudah2an benar ya mas🙂

    _________
    masdeewee njawab:
    terima kasih atas partisipasinya

  2. nh18 mengatakan:

    Pertama
    Gugling … apa arti kata MAJAS …
    dapat … Majas adalah Gaya Bahasa

    Kedua …
    Penggunaan kata “Kentaki” termasuk dalam Majas yang mana.
    Gugling lagi …
    Kira-kira … Metonomia …
    Penggunaan nama untuk benda lain yang menjadi merek/cirikhas

    Ketiga …
    Lihat komen nomer satu
    Aaarrrggghhh Bundo sudah duluan kesini …
    (ah disangka nyontek deh saya …)

    Salam saya Pak

    __________
    masdeewee njawab:
    terima kasih atas partisipasinya

  3. asepsaiba mengatakan:

    Ah.. telat… Tapi memang sama kayak pak Nh, pasti saya juga gugling dulu…

    Setelah melihat yang enjawab adala Bundo dan Pak Nh, saya langsung tiarap nyerah deh…

    Jawaban saya idem saja…🙂

    __________
    masdeewee njawab:
    terima kasih atas partisipasinya

  4. sedjatee mengatakan:

    wahh.. saya lagi majas nih… mau buka mbah gugel jg majas..
    btw.. izinkan kami mengucapkan terima kasih..
    atas partisipasinya pada kuis sahabat sejati…
    semoga sukses selalu..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com/2010/04/12/klasemen-akhir/

    _________
    masdeewee njawab:😀

  5. aldy mengatakan:

    Dalam dunia pemasaran Kentucky Fried Chicken sudah menjadi merk yang generic. Sehingga ketika kita membaca “kentucky, kentuki, kentaki”, yang ada dalam fikiran pastinya ayam goreng.
    Ini sama dengan Gillete sudah meng-generik menjadi Silet.
    Deterjen identik dengan Rinso.

    ____________
    masdeewee njawab:
    wah ini dia pembahasan dari sudut yg berbeda…

  6. nh18 mengatakan:

    Nambahin Pak Aldy …
    Yes … ini namanya Generic Trap …
    Ketika suatu merek sudah menjadi bukan merek lagi …
    namun berubah menjadi Produk kategory …
    Senasib dengan … Odol, Thermos, Sanyo … juga Honda …
    Masing-masing menjadi pengganti sebutan lain untuk prosuk Pasta gigi, Wadah penyimpan Air Panas, Pompa air dan Sepeda Motor roda dua …
    (jiah … malah ceramah …)
    Maap-maap mas … (naluri trainer jeh …)

    Salam saya

    _________
    masdeewee njawab:
    terima kasih atas pengayaannya pak, jadi memperluas khazanah keilmuan nih…

  7. tukang colong mengatakan:

    biar jawabannya beda dengan yang di atas, menurut saya itu dikenal dengan istilah “ngeles”. Orang Indonesia kan terkenal memiliki kemampuan “ngeles” melebihi negara lain. hehe
    bahkan mungkin budaya “ngeles” adalah warisan leluhur?
    kata lain dari “ngeles” adalah “plesetan”..hehe

    __________
    masdeewee njawab:
    terima kasih atas partisipasinya

  8. catatanpelangi mengatakan:

    lama2 tukang bakmi nulis spsnduk “JI EM” ….. tukang burger nulis di gerobaknya ” MEK DONAL” ya pak ^_^

    *kunjungan balasan … terimakasih atas kunjungannya😀 ….

    __________
    masdeewee njawab:
    bisa jadi suatu ketika…

  9. nurrahman18 mengatakan:

    sebentar, ane nyari buku basa endonesa jadul doeloe kang😀

    _________
    masdeewee njawab:
    hehehe… ayo kang cepet, sebelum ditutup…

  10. sunarnosahlan mengatakan:

    pintarnya orang jawa ngutak atik gathuk

    ___________
    masdeewee njawab:
    mungkin itulah pak kelebihannya. karena itu tak jarang saya dengar orang yang berkata, “Aku seneng pithik sing dikentaki.”

  11. nh18 mengatakan:

    Yang jelas …
    udah kejadian …
    Ada warung kopi dinamakan … SETARBAK

  12. kyaine mengatakan:

    banyak pedagang kaki lima yang bermajas ‘kata itu dibaca apa adanya’ : kentaki, setarbak, blujin, lepis, dll
    **malah nggak menjawab kuisnya😛

  13. wibisono mengatakan:

    wah aku bingung.. gak mudeng majas,,😀

  14. Bro Neo mengatakan:

    dulu di jogja, sempat lihat ada yg namanya KENTUKU fried chicken
    KENTUKU tentu saja dari KEN TUKU, yg berarti kurang lebih disuruh membeli🙂

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Laku KENTAKI: Bukti Masyarakat Pandai BermajasRendra dan Balada TerbaiknyaHujan Batu Sambutanmu?Berjenggot = Teroris (WAKS!!!!!)Menanti Pangeran […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: