Rubah dan Ubah, Beda?

Setelah beberapa kali nulis tulisan yang gak penting, sekarang saya akan kembali menulis tentang tulisan yang agak penting. Pada kesempatan kali ini saya ingin mengajak Anda untuk mengingat kembali pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX (atau tiga) SMP. Yaitu, tentang kesalahan persepsi kata dasar.

Ketika membaca judul di atas maka sangat dimungkinkan para pembaca (saya dan Anda) akan langsung berkata, “Ya jelas beda.” Rubah adalah kata benda yang bermakna nama salah satu jenis hewan. Sedangkan ubah adalah kata kerja yang bermakna menjadi lain (berbeda) dari semula.

Ada beberapa contoh kasus. Terkadang saya menemukan contoh kalimat dengan jenis hampir sama seperti ini.

1. Seekor ulat kelak akan berubah menjadi kupu-kupu.

2. Tiada seorang pun yang dapat merubah nasib yang sudah digariskan.

3. Rubah pikiranmu sekarang juga!

Sekarang, fokuskan perhatian Anda pada kata yang bercetak tebal. Tahukah Anda dari kelima contoh kalimat di atas terdapat kesalahan dalam persepsi kata dasar? Mari kita bahas satu per satu.

1. Seekor ulat kelak akan berubah menjadi kupu-kupu.

Kalimat ini benar karena kata “berubah” adalah kata bentukan. Proses pembentukannya adalah:

ber- + ubah ———- berubah.


2. Tiada seorang pun yang dapat merubah nasib yang sudah digariskan.

Kalimat ini tidak baku karena terdapat kata merubah yang mengalami pembentukan yang salah. Bukti:

merubah ———– me- + rubah

Pembentukan ini salah karena kata dasar ‘rubah’ tidak bisa diberi imbuhan apapun. Hal ini disebabkan,  ‘rubah’ adalah jenis kata benda. Selain itu, berdasarkan konteks kalimatnya, seharusnya kata dasar yang tepat adalah ‘ubah’, sehingga:

me(N)- + ubah ———— mengubah.


3. Rubah pikiranmu sekarang juga!

Waaaaah, kalo ini makin salah, dan Anda pasti sudah tau jawabannya kan?😉

Simpulan yang bisa ditarik adalah jangan gunakan kata bentukan ‘merubah’ pada tiap tulisan Anda. ‘Merubah’ adalah salah satu contoh kesalahan dalam persepsi kata dasar. Hal ini disebabkan, mayoritas orang telah familiar dengan istilah ‘berubah’. Bahkan Kotaro Minami tiap hendak bertransformasi menjadi Ksatria Baja Hitam, dia selalu meneriakkan kata, “BERUBAH!!!”

Namun, karena kebiasaan mas Kotaro itulah maka mind set masyarakat Indonesia pun terbentuk secara alami. Dengan sekonyong-konyong, mayoritas pengguna bahasa Indonesia pun berpersepsi bahwa berubah, merubah, dan rubah memiliki makna yang saling berhubungan.

Bak semangkuk soto Kudus, persepsi keliru itu serasa enak di lidah. Padahal tak terasa, sebuah racun yang bernama kesalahan persepsi kata dasar telah tercampur di dalamnya.

Oleh karena itu, mari kita UBAH persepsi itu mulai dari diri kita sendiri. Gunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

NB: Maaf hanya tulisan picisan yang seharusnya tidak diperuntukkan bagi para blogger mumpuni seperti Anda. Tapi jangan pandang remeh kaidah yang terkandung di dalamnya.

Comments
11 Responses to “Rubah dan Ubah, Beda?”
  1. wibisono mengatakan:

    pertama kali…………………….

    mas untuk kata termehek-mehek itu baku g mas???

    ____________
    masdeewee njawab:
    setau saya sih nggak baku mas. silakan buka link KBBI daring untuk mengetahuinya.

  2. oran9ehoLic mengatakan:

    hadoooh.. tetep ae belom nyantoll..
    padahal ibuku guru bahasa indonesia lho..

    ____________
    masdeewee njawab:
    waduh, jadi penjelasan saya masih mbulet ya??? intinya, merubah itu salah.
    silakan tanya ibu aja mbak, untuk lebih jelasnya…😀

  3. guskar mengatakan:

    sangat simpel dan sepele, tetapi banyak org yang tidak menyadari kesalahan dalam pemakaian kata rubah dan ubah. kuncinya adalah pada kata dasarnya.
    dlm tulisan, kita jg masih menjumpai kesalahan penerapan kata syah dan sah, atau sangsi dan sanksi🙂

    ___________
    masdeewee njawab:
    terima kasih atas tambahannya, gus.😉

  4. tuyi mengatakan:

    Kita harus senantiasa yang berubah, jangan statis tapi dinamis..

    ___________
    masdeewee njawab:
    setuju kang….

  5. nurrahman18 mengatakan:

    saya sedang browsing pake rubah api a.k.a firefox..haeh ga nyambung babar blas yah…hehe…ups sory..

    btw, tulisan saya yang ini sebenarnya waktu itu lum selesai…tapi bingung juga yah menyusun kata2ne….:( hehe

    ___________
    masdeewee njawab:
    hehehehe…. ya diselesaikan dong…😉

  6. afwan auliyar mengatakan:

    itulah fungsi bahsa indonesia sbg panduan dasar🙂

    ____________
    masdeewee njawab:🙂

  7. KangBoed mengatakan:

    Terselip khilaf dalam candaku,
    Tergores luka dalam tawaku,
    Terbelit pilu dalam tingkahku,
    Tersinggung rasa dalam bicaraku.
    Hari kemenangan telah tiba,
    Semoga diampuni salah dan dosa.
    Mari bersama bersihkan diri,
    sucikan hati di hari Fitri.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    _____________
    masdeewee njawab:
    sama-sama Kang Boed… saya juga mohon maaf kalo jarang komen di blog akang….😦

  8. KangBoed mengatakan:

    Kedal ing rasa nu pinuh ku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu Minna Wa Minkum
    Wilujeng Idul Fitri 1430 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.
    Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan

    ___________
    masdeewee njawab:
    maap mas, saya gak bisa jawabnya….

  9. masiqbal mengatakan:

    walopun komentar saya ga nyambung sama postingan ijinkan saya untuk mengucapkan :
    Taqobballallahu minna wa minkum, Syiamana wa syiamakum,
    Ja’alanallahu wa iyyakum, Minal aidin wal faizin
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Mohon maaf lahir dan bathin, maapin segala salah dan khilafku selama ini ya…

    __________
    masdeewee njawab:
    sama-sama mas….

  10. Moh Iqbal T mengatakan:

    Se_ekor Rubah berhasil me_mangsa Buruan_nya.
    Buruan di_tanggapi….ya?

    _________
    masdeewee njawab:
    hehehe….

  11. mioariefiansyah mengatakan:

    yg saya tahu rubah itu salah satu nama binatang🙂

    ____________
    masdeewee njawab:
    betul sekali…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: