Hubungan Antara Plat Nomor dan Nama Kota

Dulu saya adalah orang yang memiliki anggapan bahwa plat nomor di Indonesia itu disesuaikan dengan nama kota yang bersangkutan. Kenapa demikian? Karena, kebetulan saya besar di kota Kudus yang ternyata dapat jatah inisial plat K. Namun, anggapan itu harus terbantahkan ketika suatu ketika saudara dari Jakarta datang berkunjung dengan mengendarai mobil pribadi. Awal mula saya dengan yakin berhipotesis (halah), pasti plat nomernya J. Ealah, setelah saya longok langsung ternyata kok B….

Sehingga sejak saat itu pun saya kembali berpikir. Hingga ketika saya agak dewasa dan mulai agak kenal seluk beluk sejarah maka saya kembali membenarkan hipotetsis tersebut. Coba Anda pikir, nama lain Jakarta apa??? Batavia kan ….

Dan sekarang, hipotesisku kembali diuji kevalidannya. Sejak lulus SMA, saya berhijrah ke Surakarta melaksanakan mandat orang tua untuk menuntut ilmu. Kebetulan, kota Surakarta berplat AD. Aku pun kembali memutar otak. Dan akhirnya kutemukan keterhubungannya. Coba apa nama panjang Surakarta? Jawabannya, Surakarta HADiningrat.

Bahkan saya pun sekarang telah siap bila suatu saat ditanya istri saya. Perlu diketahui, istri saya adalah orang Wonosobo yang notabene punya kendaraan bermotor berplat AA. Bila kelak istri bertanya, maka akan saya jawab:

Coba dinda ingat pelajaran menulis aksara Jawa. Seperti apakah tulisan kota kelahiran dinda? Maka akan didapati bahwa penulisannya menjadi WAnAsaba. (seperti halnya hanacaraka, bukan honocoroko).

Nah, bagaimana dengan kota lainnya??? Jogja dengan plat AB-nya? Semarang dengan plat H-nya? dan semua kota yang belum saya kaji keterkaitannya? Lha, itu jadi PR kita bersama aja….๐Ÿ˜€

NB: Tulisan ini 100% nyeleneh. Jangan ikuti mazhab ini hingga ada keterangan resmi dari pihak yang bertanggung jawab. ย Selain itu, bila tulisan ini membuat Anda tidak berkenan, saya siap menghapusnya kok.

Comments
12 Responses to “Hubungan Antara Plat Nomor dan Nama Kota”
  1. nurrahman18 mengatakan:

    purworejo = aa …. c

    kagak ada sama sekali spellingnya yah, hiks๐Ÿ˜ฆ

    _____________
    masdeewee njawab:
    jangan nangis mas, tar ya tak pikire dulu…๐Ÿ™‚

  2. guskar mengatakan:

    welah.. kok nggak dilanjut sampe huruf Z toh mas… tp pas juga tuh untuk Zumedang he..he..

    _____________
    masdeewee njawab:
    waduh waduh….

  3. ~noe~ mengatakan:

    sebetulnya diambil dari ungkapan kata serunya :
    B : Busyet… Jakarta
    D : Bandung Deui…
    E : Cirebon Euy…
    G : nGapak… Tegal
    H : He’ ehhh… Semarang
    dst…

    ______________
    masdeewee njawab:
    wah ini butuh teori baru mas, karena analisisnya dari sudut yg beda…๐Ÿ˜€

  4. Hajier mengatakan:

    Aku kasih tambahan PR neh,
    Sumatera Selatan platnya BG. HUbunganya apa yah?

    Lam kenal

    _______________
    masdeewee njawab:
    wah kalo ada sponsor penelitiannya, siap saya kerjakan mas…๐Ÿ˜€
    salam kenal balik mas…

  5. Gostav Adam mengatakan:

    Pastinya dijadikan untuk mempermudah membedakan daerah asal kendaraan dan pemiliknya. Sehingga mudah untuk mendeteksinya

    mampir ke blog kami

    ___________
    masdeewee njawab:
    yups….
    oke, tunggu kunjungan balik saya mas….

  6. vitri mengatakan:

    wah .. kiraku cen ada rumuse je .. wallah jebulane mung tebak2an to ..๐Ÿ™‚

    __________
    masdeewee njawab:
    lho ada ilmunya ini mbak, ilmu titen….๐Ÿ˜€

  7. wibisono mengatakan:

    setelah googling di internet ternyata ada plat nomor yang singkatan dari daerah yang bersangkutan yaitu :

    Tanda Kendaraan Bermotor KB Untuk Daerah/Wilayah Kalimantan Barat
    Tanda Kendaraan Bermotor KT Untuk Daerah/Wilayah Kalimantan Timur

    selain itu ada tanda kendaraan motor yang khusus juga tanpa berdasarkan nama daerah.. yaitu :

    Tanda Kendaraan Bermotor CC Untuk Daerah/Wilayah Korps Konsul
    Tanda Kendaraan Bermotor CD Untuk Daerah/Wilayah Korps Diplomatik

    jgn lupa tukerin link yo mas…

    _____________
    masdeewee njawab:
    weleh jadi beneran to tulisanku ini???๐Ÿ˜€
    woke, tak jadiken kamu sebagai antemantemanku…

  8. Rusa Baweanโ„ข mengatakan:

    hahaha
    bisa aja

    Madiun pake AE
    soalnya ada bahasa jawa Ae = aja
    begitu????๐Ÿ™‚

    ____________
    masdeewee njawab:
    enak ae rek…๐Ÿ˜€

  9. ais ariani mengatakan:

    kalo dulu pas SMA kita plesetin juga,
    R = Ranyumas (banyumas)
    B = Bakarta

    huehehehehehehehehe…

    __________
    masdeewee njawab:
    wah kalo gitu kesannya maksa banget dong mbak…
    makasih atas kunjungannya dan salam kenal.

  10. Lamunadi mengatakan:

    Kalo ada yg ga berkenan, jangan dihapus posting ini. Suruh saja orang tsb bikin posting sendiri di blog nya ..๐Ÿ™‚
    Salam.๐Ÿ˜Ž

    __________
    masdeewee njawab:
    hehehehe….๐Ÿ˜€

  11. GHP mengatakan:

    Tak tambahin mas andi,
    AB = Arah Bantul
    AD = Arah Djogja
    Yg lain nyusul….

    ___________
    masdeewee njawab:
    hayah….๐Ÿ˜€

  12. Sobosolo mengatakan:

    he he he…. mesem sik… mampir mas..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: