Lagi-lagi Imbuhan

Coba Anda jawab, kalimat di bawah ini manakah yang benar:

  1. Andi adalah seorang penembak ulung yang tergabung dalam PERBAKIN.
  2. Andi adalah seorang petembak ulung yang tergabung dalam PERBAKIN.

Nah loh… bingungkah Anda? Ya, inilah bahasa Indonesia. Seperti halnya dengan bahasa-bahasa yang lain, bahasa Indonesia memiliki kaidah-kaidah tertentu yang telah digariskan. Oleh karena itu, janganlah bingung. Kalau Anda bingung maka pelajarilah bahasa tersebut. (lak ya gitu to???)

Kembali ke pokok permasalahan. Mana ya pilihan kata yang benar dalam dua contoh kalimat di atas? Mari kita bahas bersama-sama (buat para siswa dadakan saya yang udah pernah tak kasih jawabannya, jangan beri tau orang lain dulu ya :-)).

Pertama, marilah kita cari contoh lain yang hampir sama dengan contoh kasus di atas. Bacalah contoh kalimat di bawah ini:

  1. Chris John adalah seorang petinju terkenal.
  2. Chris John adalah seorang peninju terkenal.
  3. Petinju muka Amir itu langsung diamankan oleh Bapak Camat.
  4. Peninju muka Amir itu langsung diamankan oleh Bapak Camat.

Setelah membaca 4 kalimat di atas tampaknya ada sedikit pencerahan ya? Langsung dapat kita ketahui bahwa kalimat yang benar adalah kalimat nomor 1 dan 4. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa imbuhan pe- dan imbuhan pe(N)- bisa membentuk arti yang berbeda.

  1. Imbuhan pe(N)- membentuk arti: pelaku sebuah tindakan. Contoh: penembak, peninju, penyepak bola, dll.
  2. Imbuhan pe- membentuk arti: profesi. Contoh: petembak, petinju, pesepak bola, perenang, pegulat, dll.

Sekarang kita kembali pada contoh kasus di atas. Manakah yang benar? Penembak atau petembak??? Andi adalah seorang … MAHASISWA!!!!πŸ˜€

Comments
6 Responses to “Lagi-lagi Imbuhan”
  1. nurrahman mengatakan:

    wew..pak guru..mengajar online nih ceritanya..hehehe

    _________
    masdeewee njawab:
    Ya… ini kan cuma materi dasar morfologi, mas. Anak SMP dah tau ilmu ini. Apal sampe nglotok.πŸ˜€

  2. vitri mengatakan:

    Matur nuwun atas pencerahannya, ..
    Hehe .. dapet ilmu baru lagi nih .. jzk ya ..

    _________
    masdeewee njawab:
    pencerahan? perasaan beberapa hari ini mendung mulu mbakπŸ˜€

  3. mio ariefiansyah mengatakan:

    imbuhan itu bukannya nambah makan itu ya (dalam bahasa jawa) he..he…

    piss

    ___________
    masdeewee njawab:
    mbak!! masaknya jangan ditinggal sambil blog walking lho… tar gosong gak jadi makan dehπŸ˜€

  4. Billy Koesoemadinata mengatakan:

    yang mana aja benar.. wong itu tergantung persepsi dan pake kamus yang mana koq..

    *LARRRIII!!!!πŸ˜›

    ____________
    masdeewee njawab:
    KEJAAAAAAR!!!!!πŸ˜€

  5. mblokodot mengatakan:

    sing bener “memeroleh” opo “memperoleh” hehehehe

  6. variasi JIP mengatakan:

    pusing yahh muntang atuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: