Golput Haram?!

Pertama kali membaca berita tentang pengharaman golput, saya yang kebetulan orang Jawa hanya bisa mengurut dada. Seketika itu di dalam benak saya langsung terpikir bahwa pasti ada permainan kotor di balik ini semua. Seharusnya bapak-bapak ulama Indonesia lebih berhati-hati dalam berfatwa.

Memang, dulu kata seorang ustad (dalam sebuah majelis) berkata bahwa seorang ulama berijtihad (baca: berfatwa) akan mendapat 1 pahala bila salah dan 2 pahala bila fatwa itu benar. Tapi bagaimana dengan fatwa yang satu ini? Sudahkah dikaji secara mendalam terhadap efek sosial yang akan ditimbulkan dari penetapan fatwa tersebut?

Bicara mengenai keadilan. Sebagai analogi, jika golput diharamkan maka seharusnya partai yang tidak mengusung syiar Islam pun harus diharamkan (sekali lagi, ini adalah sebuah analogi). Oleh karena itu, penetapan hukum (halal-haram) tidak bisa berlaku setengah-setengah. Penetapan hukum harus berlaku menyeluruh. Jika tidak dilakukan secara menyeluruh, alih-alih menegakkan keadian, justru fenomena ini adalah sebuah pengebirian hak terhadap salah satu kelompok.

Saya pun kembali mengingat bahwa belum lama ini ada pula fatwa yang setengah hati. Yaitu, fatwa haram rokok bagi anak-anak, pelajar, dan ibu hamil. Sangat lucu bila saya bayangkan di lapangan, seorang bapak dengan menghisap rokok dengan santai melarang istrinya yang hamil dan anaknya yang masih bersekolah untuk merokok.

Akhirnya, saya hanya bisa mengurut dada karena saya bukanlah siapa-siapa.

Comments
9 Responses to “Golput Haram?!”
  1. catatanmiring mengatakan:

    Menurutku politik itu bidang ilmu yang berkembang, salah satunya, melalui diskusi. Dengan fatwa haram golput dari MUI, berarti ruang untuk berdiskusi tentang golput sebagai kajian dalam bidang ilmu politik semakin sempit.

    Meminjam kalimat anak muda sekatang: “Kali ini MUI emang enggak banget deh.”

    Salam kenal, Mas. Terima kasih atas kunjungannya.

    Sidik

  2. nurrahman18 mengatakan:

    menurut hemat saya (padhal orangnay belum tentu hemat :D), harus dipandang dengan alasan satu sudut pandang apa dulu untuk menentukan hukum golput. klo menurut hukum indonesia (UUD), jelas itu adalah hak. tapi klo menurut sebuah dalil agama (dalam hal ini islam), akan sangat beragam. sangat beragam,………….
    klo mengenai fatwa, memang tidak mengikat. hanya sebuah ijtima’. lebih bijak jika ada sebuah ijtima’ dari ulama2 lain yang berbeda pendapat dg kita, untuk menghormatinya. daripada mencari pembenaran-penyalahannya, karena bukan itu inti dari ijtima’!

    • masdeewee mengatakan:

      wah serius bgt🙂
      Ya itulah, kalo yang berfatwa MUI, jadi kan atas nama agama.
      Setidaknya kita sikapi ini secara kepala dingin, bukan dengan saling berdebat yang hanya menambah bingung masyarakat.
      Dan yang perlu digarisbawahi, penetapan hukum seharusnya secara menyeluruh, nggak setengah2 gitu.

  3. masiqbal mengatakan:

    saya kurang setuju dengan fatwa MUI yang satu ini.. lebih baik kita menghormati fatwa tersebut daripada mencari pembenaran-penyalahannya

  4. Billy Koesoemadinata mengatakan:

    golput menurut saya ga haram,, tapi perilaku yang menjadikan golput itu yang haram — alasan kebanyakan kan, karena parpol ga bisa ngasih bukti dan nyalurin aspirasi😉

    *just a thought

  5. vitri mengatakan:

    Aku sependapat dengan mas Andi ini, segalanya itu nggak bisa di ambil setengah- setengah, mesti dan harus secara kaffah ! Begitu pun jika menerapkan sistem hukum di negara ini, harus secara keseluruhan dan jelas!

  6. masdeewee mengatakan:

    Terima kasih atas apresiasi dari temen-temen…

    @masiqbal:
    Yap… Tapi menghormati nggak harus menaati kan?😀
    (guyon lho mas)

    @Billy Koesoemadinata:
    Makasih atas kunjungannya, mas.
    Tuh buat para pengurus parpol, dengerin kata mas Billy dan para rakyat jelata ini. Nggak nepatin janji tu haram, nggak nyalurin aspirasi rakyat tu haram.
    Tapi, beneran haram pa enggak ya? Gimana nih bapak-bapak ulama Indonesia? Fatwakan tentang ini juga dong…

    @vitri:
    Sepakat mbak. Ngomong-ngomong kok kayak orang demo ya…🙂

  7. nurrahman18 mengatakan:

    link terkait (hanya ingin berbagi, semoga bermanfaat, bukan bermaksud membela salah satu pihak manapun):

    http://nurrahmanarif.wordpress.com/2009/02/13/golput-haram/

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Golput Haram?! 29 January 2009 by masdeewee on Masdeewee Yuuk …  kali membaca berita tentang pengharaman golput , saya yang kebetulan orang Jawa hanya bisa mengurut dada. Seketika itu …  akan mendapat 1 pahala bila salah dan 2 pahala bila fatwa itu benar. Tapi bagaimana dengan fatwa yang satu ini? Sudahkah dikaji …  ini ada pula fatwa yang setengah hati. Yaitu, fatwa haram rokok bagi anak-anak, pelajar, dan ibu hamil. Sangat lucu bila saya bayangkan … Tags: Indonesia […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: