Dasar Kantor Sentris!!

Ibarat pujangga dari golongan istana sentris yang selalu mengagung-agungkan kerajaannya, tampaknya begitu pula aku. Aku adalah tipe pegawai di salah satu perusahaan yang selalu memandang positif semua kebijakan kantorku. Itulah kenapa tiap kali aku ditanya perihal kondisi kantor, aku selalu menceritakan yang indah-indah. Ibarat suatu negeri yang gemah ripah loh jinawi, tata tentren raharja, lan sak panunggalanipun (alias dll).

Bicara tentang pujangga maka kita akan ingat dengan sosok Ranggawarsita. Dia adalah sosok pujangga sekaligus kritikus pada masanya. Dengan berlatar belakang kekecewaan karena tidak diangkat menjadi pujangga keraton maka dia pun menulis Serat Kalatidha yang menceritakan betapa kelamnya dan gilanya zaman itu. Tentunya sangat bertolak belakang dengan apa yang dituliskan dengan para pujangga istana sentris.

Ketika pujangga istana menuliskan bahwa negeri dalam keadaan gemah ripah loh jinawi maka Mbah Ranggawarsita justru mengawali syairnya dengan kalimat hamenanging jaman edan (nah loh …). Begitu pula ketika pujangga istana mengatakan tata tentrem raharja maka dia menulis gambaran keadaan yang sangat bertolak belakang, yaitu yen ra edan ra keduman (walah …). Dan seterusnya.

Nah, sekarang mari kita kembali ke zaman kita dengan menggunakan mesin waktu (emang Back to the Future?). Andai Ranggawarsita bertemu denganku dan membaca awal tulisanku di atas, pasti dia akan duka (marah-marah) karena menurutnya aku tidak bisa berpikir kritis. Tapi, aku sudah punya senjata ampuh buat ngeles. Ketika simbah itu marah, langsung aja aku bilang, “Nuwun Mbah, lha dos pundi …. Gimana mo protes, wong yang diprotes ga ada.”

Aku yakin simbah Wito (baca: Ranggawarsita) pasti akan pergi dengan berkata, “Dasar kantor sentris!!” (piss ya Mbah …  :-) ).

NB: Tulisan ini terinspirasi dari pertanyaan teman-teman yang telah berprofesi sebagai pengajar yang selalu menanyakan, “Kerja cuma duduk doang pa nggak bosen to?”

Comments
3 Responses to “Dasar Kantor Sentris!!”
  1. masiqbal mengatakan:

    memang paling enak kerja cuman duduk2 doang, tapi apa mau makan gaji buta?

  2. mioariefiansyah mengatakan:

    iya…..betul itu………duduk tapi yg dihadepin komputer dengan berbagai macam persoalan (jd gak makan gaji buta)…….

    makan gaji buta tuh kalau….jam kerja jalan2 ke mall =)

    kerja ada 2: fisik dan otak………………=)

    jd duduk2 di depan komputer (bukan santai2 lho ya) jd KERJA!!!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: