Jalan-Jalan Kota Surakarta

Jalan-jalan adalah kegiatan yang paling kusukai. Selain bisa menghilangkan rasa penat setelah beraktivitas, kegiatan ini juga bisa menyegarkan kembali pikiran. Namun, pada suatu saat jalan-jalan yang menjadi kegiatan yang kusukai ini justru menimbulkan kekhawatiran sendiri bagiku. Nah loh…..

Bagaimana tidak, ketika aku sedang berjalan-jalan (tepatnya naik motor) untuk berkeliling kota Surakarta, aku merasa bahwa ini bukanlah kota Surakarta. Bahkan ini bukanlah kota yang berada di Indonesia. Lho… emangnya kenapa?  Asumsi ini disebabkan, sepanjang perjalanan banyak kutemukan nama-nama asing yang terpasang di sepanjang jalan. Buktinya?

Ketika aku sedang asyik menikmati pemandangan di sepanjang Jl. Slamet Riyadi, misalnya, aku harus dikejutkan dengan adanya supermarket yang berdiri megah yang bernama Solo Square. Ketika kulanjutkan perjalanan, kembali kutemukan nama yang asing lagi, yaitu Hypermart atau lebih dikenal dengan nama Solo Grand Mall.

Ketika masih dalam keadaan bingung itu, aku kembali dibuat bingung (bingung pangkat dua) dengan adanya baliho yang mengiklankan produk lokal yang berembel-embel bahasa asing lagi. Produk itu bernama Pandawa tapi embel-embelnya adalah Water Park. Dan akhirnya di pusat kota, tepatnya di Gladag, rasa bingungku pun semakin sempurna dengan adanya sebuah bank megah yang bernama Bank Central Asia yang berdekatan dengan Beteng Trade Center.

Namun Alhamdulillah, aku kembali tersadar kembali bahwa aku masih berada di Surakarta ketika kuarahkan pandangan pada sebuah tempat yang berada tepat di depan Beteng Trade Center. Tempat itu bernama Gladag Langen Bogan (Galabo) yang merupakan tempat wisata kuliner kebangaan kota Surakarta.

Tentunya, tulisan ini bisa kita sikapi secara bijak. Marilah kita ingat kembali bahwa kita hidup di Indonesia yang menggunakan bahasa persatuan bahasa Indonesia. Akan sangat riskan bila kita selalu berbangga dengan bahasa asing. Bak kacang yang lupa dengan kulitnya.

Comments
One Response to “Jalan-Jalan Kota Surakarta”
  1. HARY mengatakan:

    Postingan sampean lucu… pie maksute? hypermart lan BCA kan merk sing wis terdaftar, mosok kon ngganti jeneng jowo gak mungkin lah. lagian cabange kan akeh seluruh Indonesia.

    ___________
    masdeewee njawab:
    hahaha…. terima kasih atas apresiasinya…. ya maksud saya ya gitu itu mas…. saya gak bilang basa jawa mas, tapi Indonesia. ingat, bahasa Indonesia. bisa gak ya mas???😀

    lagian yg bikin BCA dan hypermart itu sapa? orang Indonesia juga kan??? napa dulu pas kasih nama gak nama yg Indonesia saja?? kan pangsa pasar alias target pasar utama mereka kan ya orang2 Indonesia. bukan londo.

    salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: